Tujuan
Pembelajaran:
-
Siswa dapat memahami mengenai pasar persaingan sempurna dan konsep
dasarnya
-
Siswa dapat memahami mengenai penerapan pasar persaingan sempurna dalam
kehidupan sehari-hariPASAR PERSAINGAN SEMPURNA
A.
Pengertian
Persaingan
sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dianggap sistem
pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan
memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya.
Maka,
dapat didefinisikan bahwa Pasar Persaingan Sempurna adalah struktur pasar atau
industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual ataupun
pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
B.
Ciri-ciri
1. Perusahaan
adalah Pengambil Harga
Pengambil harga
atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat
menentukan atau mengubah harga pasar.
2. Perusahaan
Mudah Keluar atau Masuk
Jika perusahaan
mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tsb, langkah ini dapat
dengan mudah dilakukan. Sebaliknya jika ada produsen yang ingin melakukan
kegiatan di industri tsb, maka dapat dengan mudah hal tersebut dilakukan.
3. Menghasilkan
Barang Serupa
Tidak terdapat
perbedaan yang nyata diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan
produksi perusahaan lainnya. Istilah barang tsb adalah barang identicial atau
homogenous
4. Terdapat
Banyak Perusahaan di Pasar
Perusahaan tidak
mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Jumlah perusahaah sangat banyak dan
masing-masing perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan keseluruhan jumlah
perusahaan di dalam pasar.
5. Pembeli
Mempunyai Pengetahuan Sempurna Mengenai Pasar
Pembeli mengetahui
tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.
C. Permintaan dan Hasil
Jualan
Di
dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, ada
2 hal yang harus diperhatikan yaitu :
1.
Biaya produksi yang
dikeluarkan perusahaan
2.
Hasil penjualan dari
barang yang dihasilkan perusahaan itu
Sifat
biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan, walau dalam
struktur pasar manapun ia digolongkan ( pasar persaingan sempurna, monopoli,
oligopoli, atau persaingan monopolistis ).
a) Permintaan
Pasar dan Perusahaan
Seberapa banyak pun
barang yang diproduksi dan dijual oleh produsen, ia tidak akan dapat mengubah
harga yang ditentukan di pasar, karna jumlah yang diproduksikan itu hanya
sebagian kecil dari jumlah yang diperjual-belikan di pasar.
b) Hasil
Penjualan Rata-Rata
Apabila dimisalkan
harga barang yang diproduksi perusahaan adalah Rp 3000 maka d=AR MR adalah
kurva permintaan yang dihadapi perusahaan.
c) Hasil
Penjualan Marjinal (MR / Marjinal Revenue)
Hasil penjualan
marjinal adalah Hasil penjualan yang sangat penting untuk diketahui dalam
analisis penentuan harga dan produksi oleh suatu perusahaan (MR-Marjinal
Revenue) yaitu tambahan hasil penjualan yang diperoleh perusahaan dari menjual
satu unit lagi barang yang diproduksinya.
d) Hasil
Penjualan Total (TR / Total Revenue)
Hasil penjualan total
adalah Seluruh jumlah pendapatan yang diterima perusahaan dari menjual barang
yang diproduksinya.
D.
Pemaksimuman
Keuntungan Jangka Pendek
Cara untuk menentukan pemaksimuman
keuntungan oleh suatu perusahaan :
a. Syarat
Pemaksimuman Keuntungan
Didalam jangka pendek,
pemaksimuman untung oleh suatu perusahaan dapat diterangkan dengan dua cara
berikut :
1. Membandingkan
Hasil penjualan total dengan biaya total ditentukan dengan menghitung dan
membandingkan hasil penjualan total dengan biaya total.
2. Menunjukan
keadaaan dimana hasil penjulan marjinal sama dengan biaya marjinal. Menggunakan
bantuan kurva atau data biaya rata-rata dan biaya marjinal
E.
Biaya
Marjinal dan Kurva Penawaran
Kurva
penawaran adalah suatu kurva yang menunjukan perkaitan di antara harga sesuatu
barang tertentu dan jumlah barang tsb yang ditawarkan.
0 komentar:
Posting Komentar