KLASIFIKASI, KONSEP & TERMINOLOGI BIAYA

Tujuan Pembelajaran:
-        -Siswa dapat memahami mengenai konsep biaya dan konsep dasarnya

-        -Siswa dapat memahami klasifikasi biaya dengan tepat

KLASIFIKASI, KONSEP & TERMINOLOGI BIAYA



A.  Konsep Biaya

Biaya dalam Akuntansi Keuangan adalah suatu pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan barang atau jasa. Sedangkan dalam Akuntansi Manajemen
Biaya (Cost) adalah kas atau setara kas yang dikorbankan (dibayarkan) untuk barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat (pendapatan) pada saat ini atau di masa mendatang bagi organisasi.
Biaya yang akan memberikan manfaat (benefit) hanya pada periode berjalan (current periode) biasanya dicatat sebagai beban.


B.  Manfaat Informasi Biaya bagi Manajer
Adapun manfaat informasi biaya bagi manajer adalah sebagai berikut:
  1. Penilaian Persediaan yakni untuk mengetahui biaya mana yang akan dilekatkan (dibebankan) dalam persediaan perusahaan.
  2. Penentuan Laba Usaha  yakni : untuk mengetahui biaya mana saja yang akan dikurangkan dari pendapatan dalam laporan laba rugi untuk menentukan laba usaha selama periode tertentu.
  3. Perencanaan Keuangan  yakni : mengetahui perencanaan biaya masa depan dengan tujuan finansial yang dikehendaki.
  4. Pengendalian Kegiatan Usaha  yakni : Mengetahui informasi tentang hasil biaya sesungguhnya dibandingkan dengan biaya yang dianggarkan.
  5. Pengambilan Keputusan yakni : untuk mengetahui keputusan apa yang harus diambil dlm menghadapi berbagai alternatif tindakan yang berhubungan dengan biaya.


C.  Klasifikasi Biaya dalam Perusahaan Pabrikasi
Untuk membantu manajemen menganalisis biaya pabrikasi produknya, biaya pabrikasi pada umumnya di bagi ke dalam tiga komponen, yakni :
  1. Bahan baku langsung
  2. Tenaga kerja langsung
  3. Overhead pabrikasi


Dalam Perusahaan Pabrikasi (manufactured products)

1.                            Total Biaya :
Biaya Produk + Biaya periode
       2. Biaya produk   : 
Biaya bahan baku langsung + Biaya tenaga kerja langsung + Biaya overhead pabrikasi.
3.                                        Biaya Periode
Biaya pemasaran/penjualan + Biaya administratif dan umum


Biaya Produk dan Biaya periode di Organisasi Bisnis

Jenis Perusahaan
Biaya Produk
Biaya Periode
Perusahaan Jasa
Biaya penyerahan Jasa.
Beban pemasaran
Perusahaan dagang
Biaya pembelian barang Dagangan dari pema sok.
Beban pemasaran dan beban administratif
Perusahaan manufaktur
Semua biaya pabrikasi, termasuk bahan baku langsung, tena ga kerja langsung, dan overhead pabri kasi.
Beban pemasaran dan beban administratif


















D.  Klasifikasi Biaya dalam Perusahaan Dagang.
Contoh : Laporan Laba Rugi

PT. Lintas Media Nusantara
Laporan Laba Rugi
31 Desember 2005

Pendapatan penjualan ……………………………………………Rp. xxx.xxx
            Biaya produk :
            Persediaan barang dagangan, 1/1/2006 ….Rp. xxx.xxx
            Pembelian barang dagangan ………………Rp. xxx.xxx (+)

            Barang dagangan tersedia utk dijual …….. Rp. xxx.xxx
            Persediaan brg dagangan, 31/12/2006……Rp. xxx.xxx (-)
Biaya pokok penjualan ……………………………………………Rp. xxx.xxx
Laba kotor ………………………………………………………….Rp. xxx.xxx
Beban Penjualan dan Administratif
Biaya Periode :
Gaji …………………………………………. Rp. xxx.xxx
Komisi wiraniaga ………………………….. Rp. xxx.xxx
Sewa ……………………………………….. Rp. xxx.xxx
Periklanan …………………………………. Rp. xxx.xxx                     
Utilitas ………………………………………. Rp. xxx.xxx
Asuransi ……………………………………. Rp. xxx.xxx
Keperluan kantor ………………………….. Rp. xxx.xxx (+)
Jumlah beban penjualan dan administratif ….                             Rp.xxx.xxx 
Laba Operasi …………………………………………………….     Rp.xxx.xxx




E.                 Klasifikasi Biaya dalam Perusahaan Jasa.
Ada dua pertimbangan akuntansi mendasar untuk perusahaan jasa, yakni :
(1)         Biaya tenaga kerja yang relatif tinggi
(2)        Tidak adanya persediaan untuk dijual.
Biaya dalam perusahaan jasa dibagi menjadi biaya langsung dan biaya tidak langsung.

Biaya langsung (direct cost)
Biaya langsung adalah biaya yang dapat ditelusuri secara fisik ke produk atau jasa tertentu, seperti gaji yang dibayarkan kepada para akuntan, pengacara, dll.
Biaya Tidak langsung (indirect cost)
Biaya tidak langsung adalah biaya yang tidak dapat ditelusuri ke produk atau jasa, seperti asuransi atau sewa kantor. Biaya tidak langsung biasanya dikurangkan dari pendapatan dalam periode di mana biaya dipakai.


Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

PT Cahaya Abadai
Laporan Laba Rugi
31 Desember 2006

 


Pendapatan Jasa Konsultasi                                                    Rp.  18.000.000

Kompensasi dan Tunjangan                Rp. 8.500.000
Sewa Kantor                                       Rp. 1.200.000
Pelatihan dan Riset                             Rp.    900.000
Rekruitmen Karyawan                        Rp.    500.000
Asuransi Profesional                           Rp.    350.000
Lain-Lain                                                        Rp.    750.000

Jumlah Biaya                                                                           Rp. 12. 100.000
Laba Operasi                                                                           Rp.    7.900.000







F.   Biaya untuk Perencanaan, Pengendalian dan Pengambilan Keputusan.
Untuk tujuan perencanaan dan pengendalian, biaya sering kali digolongkan sebagai : biaya langsung  dan tidak langsung, terkendalikan dan tidak terkendalikan, bergabung dan bersama, dan berbagai golongan lainnya.


Hubungan Biaya dengan Obyek Biaya
Biaya sering dikategorikan dari segi hubungannya dengan suatu obyek atau segmen operasi, yang sering disebut obyek biaya. Obyek biaya dapat berupa produk, kawasan penjualan, pelanggan, divisi, pabrik, departemen atau suatu aktivitas.

Terdapat dua jenis obuek biaya : obyek biaya antara dan obyek biaya akhir. Obyek biaya antara (intermediate cost object) adalah penghimpunan biaya yang dilaporkan yang lalu dialokasikan kepada obyek biaya lainnya.

Obyek biaya Akhir (final cost object),  adalah titik penghimpunan biaya di mana tidak dilakukan lagi alokasi biaya. Obyek biaya akhir yang palim lazim adalah produk.


Biaya Terkendalikan dan Biaya tidak Terkendalikan


Biaya Terkendaliakan :

Suatu biaya dianggap sebagai biaya terkendalikan pada jenjang manajemen tertentu manakala lapisan manajemen tersebut mempunyai kekuasaan untuk mengotorisasi biaya tadi.  Contoh biaya iklan surat kabar menjadi biaya terkendalikan oleh manajer pemasaran apabila di mempunyai kekuasaaan untuk mengotori sasi biaya dan jenis iklan surat kabar.

Biaya tidak Terkendaliakan :

Biaya ini berada di luar kendali manajer karena di tidak dapat mengotorisasinya. Misal biaya penyusutan mesin perlengkapan pabrik bagi manajer pemasaran menjadi biaya tidak terkendalikan, karena manajer tsb tidak mempunyai wewenang untuk mengotorisasi pemakain mesin pabrik.


Biaya Bergabung dan Biaya Bersama

Biaya tidak langsung sering pula disebut biaya bersama atau biaya bergabung. Biaya Bersama (Common Cost) dikeluarkan untuk menyediakan manfaat kepada lebih dari satu aktivitas. Biaya ini terjadi ketika dua produk, yang mungkin dihasilkan secara terpisah, diproduksi bersama.

Biaya bergabung (joint cost), diterapkan dalam situasi di mana bermacam-macam keluaran berasal dari satu sumber. Contoh minyak mentah dapat diolah menjadi bermacam-macam produk (misal solar, oli, premium dll).

Biaya Relevan dan Biaya Tidak Relevan.

Dalam rangka untuk pengambilan keputusan, biaya relevan harus memiliki manfaat yang paling tinggi. Agar supaya biaya disebut biaya relevan, maka biaya tersebut :
1.      Harus berbeda pada waktu dilakukan perbandingan pilihan keputusan. Apabila suatu biaya meningkat, menurun, muncul ataupun menghilang pada waktu suatu tindakan yang berbeda dievaluasi, maka biaya tadi boleh disebut relevan.
2.      Harus bernilai kini atau masa yang akan datang.

Biaya Tidak relevan (iirelevant cost) adalah biaya yang tidak berubah untuk semua alternatif. 

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates

About

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →

Popular Posts